Hanoman Pecicilan

Hanoman Pecicilan

Kamis, 28 Februari 2013

Lima Menit



Jangan anggap remeh lima menit dalam hidup loe, karena 5 menit itu bisa mengubah hidup loe. Kata – kata Pandji Pragiwaksono yang gue dapatkan ketika MDB tour Bandung kembali terngiang di telinga setelah gue dengar lagi rekaman suaranya beliau yang gue dapatkan dari seorang teman spesial yang kemarin datang ke Serang. Kata - kata yang cukup bisa membangkitkan semangat, kata – kata yang memotifasi untuk tidak menyia - nyiakan waktu yang gue punya. Kata demi kata gue dengarkan dengan seksama, sederet cerita tentang kesuksesan beliau di acara “Kena Deh” yang mengubah drastis hidupnya hanya karna Talk pada siarannya yang berdurasi 5 menit saja. “coba kalau gue talk di radio 5 menit itu gue males – malesan, gak akan gue di denger, gak akan hidup gue berubah” itulah kira – kira yang dikatakan oleh Pandji Pragiwaksono.
            Gue kembali melihat pada diri, apa gue pernah mendapatkan momen yang sama? Iya gue pernah mendapatkannya juga, jawabannya adalah “Api Kecil Kompas Tv episode Stand Up Comedy”. Gue pernah mewujudkan mimpi kecil gue, walau hanya menjadi talent, tapi gue shoting bersama idola gue sendiri di Stand Up Comedy yaitu Ernest Prakasa. Witta salah satu crew Kompas TV menghubungi gue lewat twitter dan malam itu juga dia nelephon, dia ngajak shoting di Kompas TV, awalnya gue pengin menolaknya tapi ketika Witta menyebutkan nama Ernest Prakasa gue langsung setuju.
            Karena loe kerja dan loe aktif di Stand Up Comedy, itu jawabannya dulu ketika dia gue tanya kengapa menghubungi gue? Sebenarnya kan banyak orang yang bekerja dan aktif di Stand Up Comedy juga, kenapa harus gue? Ada banyak orang yang kerja dan bergelut di Stand Up Comedy di Jakarta, kenapa harus gue yang di Cilegon? Gak mungkin alasannya cuman itu, gak mungkin Witta nelepon gue dengan alasan itu doang, memang sebelumnya gue kenal Witta, tapi gue sama Witta baru ketemu 2x itupun gak lama dan gak pernah ngobrol intens. Kenapa gue? Tapi setelah ku pikir lagi, inilah jawabannya.
            Pertama kali gue Openmic di Bandung tepatnya di Bober Café, di sana gue di kasih waktu 5 Menit, gue menikmati panggung gue, walau diawal pecah namun di belakang garing tapi gue semaksimal mungkin menunjukan kemampuan gue, sampai di satu momen gue nge-rifing (istilah berinteraksi dengan penonton dalam Stand Up Comedy) salah satu cewek yang hadir, namanya Sarah, tanpa ragu gue rifing dia sampai turun stage dan menghampiri mejanya. Gue ngobrol dan membuat kelucuan dari kejadian itu, gue total rifing Sarah, dan tepat di depan Sarah duduklah Witta, Witta memperhatiakn acting gue ketika ngerifing Sarah. Mungkin inilah yang membuatnya Witta menghubungi gue, mungkin Witta ngeliat acting total gue yang gue layangkan untuk temannya Sarah. Coba kalau openmic gue waktu itu asal asalan, coba kalu gue waktu rifing Sarah asal – asalan, mana mau Witta nelepon gue!
                        Sekarang, sudah 3 minggu terakhir gue menjalankan apa yang gue palajari di atas, Openmic selalu semaksimal mungkin, gak bawa contekan seperti biasanya, menurut gue kalau bawa contekan itu akan membuat kita jadi malas mengingat, gue orangnya pikun makanya gue berusaha menjadi pengingat yang hebat. Gue gak mau membiasakan diri gue ketika lupa materi gue baca, gue lebih baik ngeles dan ngebom dari pada harus membaca, setidaknya gue udah maksimal menampilkan penampilan gue, gue sempat di kecewakan oleh 2 teman gue, Idham dan Hadi, entah karena apa ketika Absurd Tour Serang mereka membawa buku contekan ke Atas stage, bahkan mereka membacanya, sebenarnya untuk Show sebesar itu dengan melakukan tindakan melihat “contekan” membuktikan bahwa mereka belum siap dan belum layak tampil, menurut gue mereka merendahkan diri mereka dengan tindakannya. Sebenarnya gue percaya mereka tanpa buku pun mereka akan lancar lancar saja, terutama Hadi! Mereka sudah terbiasa Openmic seharusnya mereka hapal materi – materi mereka, harusnya mereka memaksimalkan 5 Menit openmic untuk ajang latihan mengingat, bukan latihan membaca, gue yakin mereka bisa.
            Sekarang gue memiliki keinginan menjadi Opener Ge Pamungkas di Serang, apa yang harus gue lakukan? Berusaha lebih giat di banding orang lain, dan memaksimalkan waktu gue walau itu hanya 5 Menit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar