Hanoman Pecicilan

Hanoman Pecicilan

Jumat, 28 Februari 2014

Kenapa Kang Al Sutizna?

Stage name atau nama panggung suka di gunakan oleh artis atau pekerja seni dari mulai artis papan atas sampai papan catur, banyak juga non artis alias orang biasa menggunakan nama bukan dari nama lahirnya, entah itu nama panggilan kecil atau pun nama yang dicarinya sendiri. Gue sendiri pun sudah lebih dari 3 tahun menggunakan bukan nama lahir ketika d panggung, khususnya panggung Stand Up Comedy.
            Al Sutizna, nama yang gue pilih untuk nama panggung gue setelah beberapa kali mencari nama panggung yang cocok. Dulu gue sempet menggunakan nama “Die”(gue pake nama itu ketika nge-band dulu) yang gue ambil dari sukukata belakang nama gue Aldi, dulu keren aja pake nama itu, sangar! Karna Die dalam bahasa inggris artinya Mati! Tapi makin kesini makin gak nyaman gue menggunakan nama itu. Beberapa bulan kemudian gue keracunan film Death Note dan sangat mengidolakan tokoh L (tokoh yang punya karakter kuat ddalam film Death Note), sehingga gue terispirasi buat mengganti nama gue jadi “EL”, alasan selain gue mengidolakan L di film Death Note itu, gue mengambil dari sukukata depan nama gue Al yang kalau di sebutkan dengan aksen Inggris menjadi El, namun tetap saja gue semakin lama semakin tidak nyaman menggunakan nama itu. Sampai gue menggantinya lagi menjadi “AL”, sebenarnya nama ini digunakan Rini, teman SMA gue yang manggil gue Al, Cuma dia yang panggil gue Al dulu, yang jelas diambil dari sukukata nama depan gue, sesimpel itu dan ternyata gue nyaman menggunakannya, tapi lagi lagi ada tapinya, Al terlalu singkat untuk jadi nama panggung dan terlalu sama dengan Al anak Ahmad Dhani (Al adalah anak pertama Ahmad Dhani), sehingga gue mencari nama belakang untuk stage name gue, lagi – lagi gue terinspirasi dari kartun Jepang, saat itu gue keracunan kartun Khochikame (kartun Jepang yang di dubbing menggunakan aksen bahasa daerah Indonesia ketika tayang di Indonesia), karakter utamanya bernama Rio KananKiri, ahirnya gue mencomot nama itu menjadi “Al Kanankiri” dan Alhamdulillah nama ini cukup bertahan lebih lama dibanding nama panggung gue sebelumnya.
         Pada ahirnya Al Kanankiri harus gue tinggalkan, karna gue susah menjelaskan nama karakter dalam kartun yang namanya gue comot itu, namun gue sudah nyaman dengan nama Al dan gue hanya akan mengganti nama belakangnya saja. Lama sekali kali ini gue memikirkan nama belakang yang cocok dan akan gue pake untuk stage name gue nanti, gue mencari nama belakang yang buat gue nyaman seperti nama Al, sampai suatu hari gue melihat akun facebook om gue yang bernama Aris Munandar menggunakan nama “Ricard Sutisna” di facebooknya, banyak hal yang muncul ketika gue melihat nama nyeleneh itu, lucu, punya karakter yang kuat, punya filosofi hebat (walau dalam dunia semakin modern yang diwakilkan dengan nama Ricard tapi kita tetap tidak boleh melupakan darimana kita berasal yang diwakilkan nama Sutisna). Akhirnya gue pun memutuskan menggunakan nama Sutisna untuk nama belakang di stage name gue. Kalau ada yang nanya kenapa Sutisna? Gue akan menjawab simpel, “Karna gue orang sunda!” tapi gue sedikit memodif nama Sutisna itu agar terlihat lebih keren (niat awalnya sih seperti itu) menjadi Sutizna (namun sekarang jadi terlihat alay). Tapi alhamdulillah dengan nama itu ahirnya gue menemukan kesuksesan dan suatu pencapaian yang dulu hanya angan angan saja. Dengan nama itu gue bisa menjadi talen acara Api Kecil di Kompas TV mewawancarai Ernest Prakasa, Stand Up Comedy di kota-kota diluar Banten, menjadi penyiar di Prima Radio (awal siaran gue dilarang menggunakan nama “Al Sutizna” namun gue tetap kekeuh menggunakan nama itu), dan banyak hal lainnya. Alhamdulillah sekarang banyak orang yang mengenal gue dengan nama Al Sutizna. Walau beberapa orang memanggil gue dengan nama Kang Al Sutizna, sebenarnya “Kang” hanya untuk yang lebih muda dari gue untuk manggil gue (Kang dalam bahasa Sunda artinya kakak laki-laki, gue gak suka d panggil kakak, bang, dan mas) walau nama twitter gue @kangalsutizna, tapi tetap nama panggung gue adalah Al Sutizna.
        Inilah gue sekarang, laki-laki yang terlahir dengan nama Aldi Suherlandi Arahman dan sekarang lebih dikenal sebagai Al Sutizna. Al Sutizna adalah nama yang Alhamdulillah membawa kesuksesan buat gue, semoga nama ini bertahan lama dan tetap membawa sesuksesan di bidang lainya untuk gue, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar